G20 Minta Rusia Stop Perang di Ukraina

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, para anggota G20 dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 ke-2 di Amerika Serikat (AS), menyeru agar perang antara Rusia dan Ukraina segera dihentikan. Sebab, dampak perang akan semakin luas jika terus berlanjut. Forum tersebut turut dihadiri perwakilan Rusia dan membuat pejabat dari negara-negara Barat melakukan aksi walk-out. Kendati demikian, Indonesia sebagai Presidensi G-20 tetap bisa melaksanakan forum tersebut.

Forum FMCBG yang diselenggarakan di Washington DC, AS pada Rabu (20/4), berlangsung dalam situasi yang menantang. Hal itu terjadi mengingat adanya perang antara Rusia dan Ukraina yang masih berlanjut dan dampaknya dirasakan oleh negara-negara di luar Eropa. 

Anggota G-20 menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang krisis kemanusiaan, ekonomi dan keuangan, sebagai dampak dari perang. Oleh karena itu, kata Sri, mereka menyerukan agar perang harus berakhir dengan segera. Negara-negara berpenghasilan rendah dan rentan akan sangat terpengaruh karena mereka sudah menghadapi berbagai tantangan lain seperti ruang fiskal yang terbatas dan utang yang tinggi.

Oleh sebab itu, anggota menggarisbawahi peran penting G-20 sebagai forum utama kerja sama ekonomi internasional untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang beragam dan kompleks saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *