G7 Sepakat Beri Bantuan Ekonomi ke Ukraina

Kelompok Tujuh (G7) pada Jumat (2-/5/2022) sepakat untuk memberikan $19,8 miliar bantuan ekonomi ke Ukraina. Negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia Bantuan tersebut untuk memastikan keuangan Ukraina tidak menghalangi kemampuannya untuk mempertahankan diri dari invasi Rusia.

Dilansir Al Jazeera, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan kepada wartawan bahwa $9,5 miliar dari jumlah total dimobilisasi pada pertemuan para menteri keuangan G7 di Koenigswinter, Jerman, minggu ini.

“Kami sepakat bahwa situasi keuangan Ukraina tidak boleh memiliki pengaruh pada kemampuan Ukraina untuk mempertahankan dirinya dengan sukses,” kata kelompok itu pada konferensi pers untuk menandai berakhirnya pertemuan para menteri keuangan G7.

Dikutip The Guardian, prospek ekonomi dunia terbaru Dana Moneter Internasional mengatakan ekonomi Ukraina diproyeksikan menyusut 35 persen tahun ini dan tahun depan. Para menteri keuangan G7 — yang meliputi Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan AS — juga bergulat dengan inflasi yang semakin dalam, masalah keamanan pangan, dan masalah ekonomi lainnya selama pembicaraan mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *